You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan PAGERHARJO
Kalurahan PAGERHARJO

Kap. SAMIGALUH, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

SEJARAH DESA

WIDAYAT 06 Maret 2019 Dibaca 25.259 Kali

SEJARAH DESA

Setiap Desa atau Daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang yang berbeda, yang merupakan pencerminan dari karakter dan ciri khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah Desa atau Daerah selalu menjadi cerita turun temurun dari penduduk desa atau daerah setempat sehingga sulit untuk mencari fakta, karena masing-masing individu menabarkan dengan kapasitas kemampuan dirinya dalam menyerap isi sejarah tersebut. Dan tidak jarang cerita tersebut dihubungkan dengan mitos pada tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat, seperti halnya Desa Pagerharjo yang memiliki adat dan tradisi yang merupakan identitas desa secara turun temurun.

Nama Pagerharjo ada setelah sebelumnya berdiri tiga pemerintahan Desa/Kelurahan, yaitu Kelurahan Plono dipimpin oleh Simbah Kariyo Sentono, Kelurhan Gegerbajing dipimpin oleh Simbah R. Dermo, dan Kelurahan Kalirejo dipimpin oleh Simbah R. Udoikromo, sampai dengan tahun 1948.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka lahirlah gagasan dan pemikiran dari para tokoh, baik tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan semua elemen masyarakat untuk menggabung tiga Kelurahan tersebut menjadi satu Kelurahan dan satu Pimpinan/Lurah yaitu Simbah Kariyo Sentono.

Dari ketiga Kelurahan tersebut akhirnya digabung menjadi satu Kelurahan dan nama Kelurahan diambilkan dari huruf-huruf tertentu dari tiga Kelurahan yaitu P dari Plono, GER dari Gegerbajing, dan JO dari Kalirejo, sehingga tersusunlah sebuah nama PAGERHARJO yang berarti Desa yang ramai dan kaya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image